Mengenal Penghantar Listrik Konduktor Semi Konduktor Dan Isolator

Mengenal Penghantar Listrik Konduktor, Semi Konduktor, Dan Isolator - dalam dunia kelistrikan sifat seperti ini sering dijumpai karena sifat ini merupakan sifat dari penghantar yang mana penghantar tersebut depat dialiri arus listrik sifat-sifat ini merupakan sifat suatu penghantar pada suatu benda baik itu berbentuk padat, cair, maupun gas.

berkaitan dengan pembahasan mengenai Penghantar Listrik Konduktor, Semi Konduktor, Dan Isolator,  adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Konduktor

Konduktor adalah suatu bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Fungsi konduktor adalah untuk menghantar arus listrik secara penuh dengan muatan arusnya dalam penghantar, tanpa adanya tahanan listrik yang menyebabkan kuat arus berkurang. Bahan konduktor yang baik untuk menghantarkan listrik diantaranya: tembaga, besi, aluminium, dll. Penggunaannya seperti pada kawat penghantar arus listrik.

2. Semi Konduktor

Semi Konduktor adalah suatu bahan yang tidak dapat digolongkan sebagai penghantar arus listrik tetapi tidak dapula dapat digolongkan sebagai isolator. banyaknya bahan semi konduktor yang dapat dipakai pada teknik elektronika adalah germanium dan silikon.

3. Isolator

Isolator adalah jenis bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik ini disebabkan karena strutur atomnya, elektron-elektron terikat kuat oleh protonnya(intinya). Kemungkinan elektron dapat keluar dari ikatan intinya apabila tenaga dari luar jauh lebih besar dari daya tarik intinya, yaitu dengan memberikan tegangan listrik yang sangat tinggi. Peristiwa ini disebut bahwa isolator itu mendapat tebusan, karena tegangan tembusan telah tercapai. Bahan yang bersifat isolator contohnya: kaca, mika, ebonit. 

Demikianlah ulasan mengenai Mengenal Penghantar Listrik Konduktor, Semi Konduktor, Dan Isolator,  semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan menambah wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. sekian dari kami sampai jumpa lagi di teori berikutnya.

Post a Comment